shadow

Bahaya Minum Air Berlebihan

Air putih memang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat memberikan manfaat yang baik. Tetapi anda juga perlu memperhatikan bahaya minum air berlebihan. Pastinya segala hal yang berlebihan tidak akan baik bagi kita. Termasuk juga minum air putih yang sebenarnya dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Semua sistem dalam tubuh tergatung pada air. Air yang kita konsumsi dapat membilas racun dari organ yang penting, membawa nutrisi ke sel tubuh, dan menjaga kelembaban bagi jaringan. Salah satu bahaya dari minum air berlebihan adalah kerusakan ginjal yang dapat berdampak pada kematian. Selain itu, masih ada lagi beberapa bahaya dari minum air berlebihan.

Macam-macam Bahaya Minum Air Berlebihan

Bahaya minum air berlebihan yang pertama sudah pasti kerusakan ginjal. Hal ini berkaitan dengan fungsi ginjal. Ginjal berfungsi menyaring setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh. Fungsi ginjal ini ada pada organ penyaring yang memiliki nama glomerulus. Bila banyak cairan yang harus disaring, maka beban yang diterima ginjal akan semakin besar. Bila hal ini terlalu sering maka glomerulus bisa rusak yang menyebabkan berbagai penyakit ginjal.Minum air secara berlebihan juga dapat meningkatkan jumlah volume darah. Volume darah yang meningkat dapat menganggu kinerja jantung dan sistem pembuluh darah kita (sistem tertutup). Volume air yang meningkat akan seiring dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu. Kondisi tersebut akan membuat organ ginjal bekerja ekstra keras untuk mengurangi jumlah air dalam sirkulasi darah dalam tubuh.

Masih ada lagi bahaya minum air berlebihan yaitu dapat merusak komposisi darah. Darah memiliki plasma darah dengan kadar kekentalan darah secara fisiologis dalam tubuh yang terukur. Bila banyak minum maka dikawatirkan akan mengganggu kadar kekentalan darah. Secara lebih luas akan mengganggu sistem peredaran darah dalam tubuh kita. Kelebihan minum air putih juga dapat menyebabkan keracunan air atau yang dikenal juga sebagai hiper-hidrasi atau overhydration.

Kelebihan air putih pun dapat menyebabkan hipnoatraemi, yaitu kondisi abnormal dalam tubuh, di mana darah kekurangan kadar natrium (kadar garam). Hal ini disebabkan karena ginjal tak mampu memfilternya dengan cepat. Natrium adalah mineral elektrolit yang membantu mengatur jumlah kadar air di dalam dan di sekitar sel-sel tubuh. Terlalu banyak minum air, akan menyebabkan natrium dalam tubuh menjadi encer. Natrium atau sodium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh, sebagai penjaga kadar garam dalam darah. Kekurangan natrium dalam tubuh dapat menyebabkan volume darah menjadi menurun. Akibatnya tekanan darah pun menurun dan denyut jantung meningkat tajam. Itulah beberapa bahaya minum air berlebihan. Volume air yang dianjurkan untuk orang sehat adalah 2-4 liter untuk menghindari bahaya minum air berlebihan.

Source : www.webmd.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *